Rabu, 28 September 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Pertemuan Ke               :  1-7
Tanggal Pelaksanaan    :  Senin-Selasa, 4-12 Januari 2015
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         :  Menghafal surat al-An’am ayat 74-81 (Kisah Nabi Ibrahim mendakwahi ayahnya)
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

- Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menghafal surat al-An’am ayat 74-81 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: Surat al-An’am ayat 74-81
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
       a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.    Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya
b.    Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.    Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.   Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
3.  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.    Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
e.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA

-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal surat al-An’am ayat 74-81 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
Contoh:
1.        Hafalkan surah al-An’am: 79 dengan lancar dan benar !
2.        Sebutkan surat al-An’am:80!
3.         Apa tafsir Qs. Al-An’am: 74-81
4.        Apa hikmah dari kisah Nabi Ibrahim mendakwahi anaknya!




Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan




(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

                       Garut, 4 Januari 2016


Guru Tahfizhul Qur’an




(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Pertemuan Ke               :  8-14
Tanggal Pelaksanaan    :  Senin-Selasa, 13-19 Januari 2015
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         :  Menghafal surat Asy-Syu’ara: 69-89 (Kisah Nabi Ibrahim mendakwahi ayahnya)
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

- Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menghafal surat Asy-Syu’ara: 69-89 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: Surat Asy-Syu’ara: 69-89
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
       a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.    Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya, membacanya per ayat per orangan, 1 ayat ikhwan dan 1 ayat akhwat (adu suara), guru baca 1 ayat dan siswa 1 ayat
b.    Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.    Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.   Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
e.    Permainan “Komunikata” setiap siswa membisikkan 1 lafal ayat qur’an yang ditulis Guru dengan berjajar dan siswa terakhir membacakan dengan keras, untuk menentukan hasil benar/salah dari kerjasama tim
3.  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.  Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
e.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA
-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal surat Asy-Syu’ara: 69-89 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
Contoh:
1.      Hafalkan surah Asy-Syu’ara: 69 dengan lancar dan benar !
  1. Sebutkan surat Asy-Syu’ara: 72!
  2.  Apa tafsir Qs. Asy-Syu’ara: 69-89
  3. Apa hikmah dari kisah Nabi Ibrahim mendakwahi anaknya!



Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan


(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

              Garut, 13 Januari 2016


Guru Tahfizhul Qur’an


(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         :  Menghafal surat Az-Zukhruf: 26-32  (Kisah Nabi Ibrahim mendakwahi ayahnya) dan Ash-Shaffat:102-111 (Kisah Nabi Ibrahim hendak Menyembelih Nabi Ismail)

- Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menghafal surat Az-Zukhruf: 26-32 dan Ash-Shaffat:102-111 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: Az-Zukhruf: 26-32 dan Ash-Shaffat:102-111
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
       a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.       Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya, membacanya per ayat per orangan, 1 ayat ikhwan dan 1 ayat akhwat (adu suara), guru baca 1 ayat dan siswa 1 ayat
b.      Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.       Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.      Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
e.       Permainan “Komunikata” setiap siswa membisikkan 1 lafal ayat qur’an yang ditulis Guru dengan berjajar dan siswa terakhir membacakan dengan keras, untuk menentukan hasil benar/salah dari kerjasama tim
3.  Kegiatan Penutup
a.  Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
e.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA
-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal Az-Zukhruf: 26-32 dan Ash-Shaffat:102-111 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
1.Hafalkan surat Az-Zukhruf: 26-32 dengan lancar dan benar !
2.Sebutkan surat Ash-Shaffat:102-111!
3.Apa tafsir Az-Zukhruf: 26-32 dan Ash-Shaffat:102-111
4.Apa hikmah dari Kisah Nabi Ibrahim hendak Menyembelih Nabi Ismail!



Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan


(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

              Garut, 30 Januari 2016


Guru Tahfizhul Qur’an


(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         : Menghafal surat Huud: 69-76 dan Al-Hijr: 51-56 (kisah Tamu Nabi Ibrahim (Malaikat) membawa Kabar Gembira)
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

- Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menghafal surat Huud: 69-76 dan Al-Hijr: 51-56 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: Huud: 69-76 dan Al-Hijr: 51-56
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
       a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.       Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya, membacanya per ayat per orangan, 1 ayat ikhwan dan 1 ayat akhwat (adu suara), guru baca 1 ayat dan siswa 1 ayat
b.      Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.       Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.      Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
e.       Permainan “Komunikata” setiap siswa membisikkan 1 lafal ayat qur’an yang ditulis Guru dengan berjajar dan siswa terakhir membacakan dengan keras, untuk menentukan hasil benar/salah dari kerjasama tim
3.  Kegiatan Penutup
a.    Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
e.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA
-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal surat Huud: 69-76 dan Al-Hijr: 51-56 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
Contoh:
1.Hafalkan surat Huud: 69-76 dengan lancar dan benar !
2.Sebutkan surat Al-Hijr: 51-56!
3.Apa tafsir surat Huud: 69-76 dan Al-Hijr: 51-54!
4.Apa hikmah dari kisah Tamu Nabi Ibrahim (Malaikat) membawa Kabar Gembira!



Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan


(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

              Garut, 30 Januari 2016


Guru Tahfizhul Qur’an


(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         : Menghafal surat Al-Ankabut:16-35 dan Adz-Dzariyat: 24-30 (kisah Tamu Nabi Ibrahim (Malaikat) membawa Kabar Gembira)
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

- Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menghafal surat Al-Ankabut:18-30 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: surat Al-Ankabut:18-30 dan Adz-Dzariyat: 24-30
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
       a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, lalu mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.       Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya, membacanya per ayat per orangan, 1 ayat ikhwan dan 1 ayat akhwat (adu suara), guru baca 1 ayat dan siswa 1 ayat
b.      Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.       Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.      Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
e.       Permainan “Komunikata” setiap siswa membisikkan 1 lafal ayat qur’an yang ditulis Guru dengan berjajar dan siswa terakhir membacakan dengan keras, untuk menentukan hasil benar/salah dari kerjasama tim
3.  Kegiatan Penutup
a.  Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA
-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal surat Al-Ankabut:18-35 dan Adz-Dzariyat: 24-30 dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
Contoh:
1.Hafalkan surat Al-Ankabut: 25 dengan lancar dan benar !
2.Sebutkan surat Al-Ankabut:28!
3.Apa tafsir surat Al-Ankabut:16-35 dan Adz-Dzariyat: 24-30!
4.Apa hikmah dari kisah Tamu Nabi Ibrahim (Malaikat) membawa Kabar Gembira!



Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan


(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

              Garut, 9 Maret 2016


Guru Tahfizhul Qur’an


(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         : Menghafal surat An-Naml:17-44 (Kisah Nabi Sulaiman) dan Saba’:15-19 (Kisah Kaum Saba’)
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

- Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menghafal surat An-Naml:17-44 (Kisah Nabi Sulaiman) dan Saba’:15-19 (Kisah Kaum Saba’) dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: surat An-Naml:17-44 (Kisah Nabi Sulaiman) dan Saba’:15-19 (Kisah Kaum Saba’)
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
       a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, lalu mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.       Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya, membacanya per ayat per orangan, 1 ayat ikhwan dan 1 ayat akhwat (adu suara), guru baca 1 ayat dan siswa 1 ayat
b.      Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.       Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.      Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
e.       Permainan “Komunikata” setiap siswa membisikkan 1 lafal ayat qur’an yang ditulis Guru dengan berjajar dan siswa terakhir membacakan dengan keras, untuk menentukan hasil benar/salah dari kerjasama tim
3.  Kegiatan Penutup
a.  Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA
-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal surat An-Naml:17-44 (Kisah Nabi Sulaiman) dan Saba’:15-19 (Kisah Kaum Saba’)  dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
Contoh:
1.Hafalkan surat An-Naml:17-22 dengan lancar dan benar !
2.Sebutkan surat An-Naml:30!
3.Apa tafsir surat An-Naml:17-44 (Kisah Nabi Sulaiman)!
4.Apa hikmah dari Kisah Nabi Sulaiman!



Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan


(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

              Garut, 25 Maret 2016


Guru Tahfizhul Qur’an


(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :  SD Tahfizhul Qur’an Al-Furqan
Mata Pelajaran              :  Tahfizhul Qur’an
Kelas / Semester            :  4 / 2
Standar Kompetensi     :  Menghafal Ayat-ayat Pilihan (Ayat Qishah)
Kompetensi Dasar         : Menghafal surat Hud: 50-60, Asy-Syu’ara: 123-140, al-Qamar: 18-22 (Kisah Kaum Nabi Hud)
Alokasi Waktu                :  2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
- Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menghafal surat Hud: 50-60, Asy-Syu’ara: 123-140, al-Qamar: 18-22  dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect)
-  Karakter siswa yang diharapkan: 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
- Materi Pembelajaran: Hud: 50-60, Asy-Syu’ara: 123-140, al-Qamar: 18-22 (Kisah Kaum Nabi Hud)
- Metode Pembelajaran :   
Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan), Klasikal, Private/ perorangan, Muroja’ah, Pemberian,tugas,Hafalan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
    a. Apersepsi :
1). Mengucapkan salam
2)  Murojaah surat-surat sebelumnya dan Tanya jawab arti surat, jumlah ayat atau lanjutan suatu ayat, lalu mengikuti arti per kata dari setiap ayat
b. Motivasi : memberikan informasi tentang Asbabun nuzul dan Tafsirnya
2. Kegiatan Inti
a.       Guru membacakan/menuliskan di papan tulis/memperdengarkan MP3 muratal/ meminta siswa membaca ayatnya, membacanya per ayat per orangan, 1 ayat ikhwan dan 1 ayat akhwat (adu suara), guru baca 1 ayat dan siswa 1 ayat
b.      Guru mencontohkan cara melafalkan bacaan ayatnya yang benar
c.       Siswa menirukan dan menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian, mengulang-ulangi hafalannya sendiri-sendiri.
d.      Siswa (perorangan) praktek mendemontrasikan hafalannya
e.       Permainan “Komunikata” setiap siswa membisikkan 1 lafal ayat qur’an yang ditulis Guru dengan berjajar dan siswa terakhir membacakan dengan keras, untuk menentukan hasil benar/salah dari kerjasama tim
3.  Kegiatan Penutup
a.  Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali bacaan ayatnya dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran bacaan tersebut. Siswa menyebutkan Asbabun nuzul dan Tafsirnya kembali
b.    Motivasi: Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang bacaan ayatnya hingga hafal (tugas).
c.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
d.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, les/privat, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Alat / Sumber Belajar:
1. Alat/Bahan: White Board, Spidol.
2. Sumber Belajar:
·         Juz ‘Amma dan Al Qur’an,
·         Abu Yahya Marwan bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, pdf
·         Jalaluddin Abi Abdurrahman as-Suyuthi, Lubabun an-Nuqul  fi Asbabin Nuzul, Beirut: al-Mu-assasu al-Kutub al-Tsaqafiyah, 2002, cet.ke-1
·         ‘Umad al-Din Abi al-Fida’ Ismail bin Katsir al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Kairo: al-Faruq al-Haditsiyah, 2000
·         Umar Sulaiman al-Asyqor, Shahih al-Qashash, terjemahan dari: Kisah-kisah Shahih dalam al-Qur’an, oleh: Tim Pustaka ELBA
-  Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Menghafal surat Hud: 50-60, Asy-Syu’ara: 123-140, al-Qamar: 18-22 (Kisah kaum Nabi Hud) dengan baik sesuai kaidah makhroj dan tajwidnya dan mengetahui Asbabun nuzul juga Tafsirnya dengan rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tes Lisan
Hafalkan/
Dengarkan pertanyaannya, lalu angkat tangan dan Jawablah
Contoh:
1.Hafalkan surat Hud: 50-60 dengan lancar dan benar !
2.Sebutkan surat Asy-Syu’ara: 123-140!
3.Apa tafsir surat Hud: 50-60, Asy-Syu’ara: 123-140, al-Qamar: 18-22!
4.Apa hikmah dari Kisah kaum Nabi Hud!



Mengetahui,
Kepala SDTQ Al-Furqan


(Wawan Kustiawan)
NIP / NIK : ...........................

              Garut, 25 Maret 2016


Guru Tahfizhul Qur’an


(Laila Mumtahanah, S.Ud)
NIP / NIK : ...........................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar