SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM PERSATUAN ISLAM GARUT
PROGRAM
STUDI TAFSIR HADITS
PROGRAM
S.1
LEMBAR
PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI
NAMA : LAILA MUMTAHANAH
NPM :
10.1.031
JUDUL : STUDI KRITIK HADITS TENTANG HADITS
KEUTAMAAN ABU SUFYAN R.A DALAM KITAB SHAHIH MUSLIM NOMOR 2501
Disetujui
Oleh:
Dosen
Pembimbing
Azis
Asmana, Lc., M.Ag
|
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM PERSATUAN ISLAM GARUT
PROGRAM
STUDI TAFSIR HADITS
PROGRAM
S.1
LEMBAR
PENGESAHAN
NAMA : LAILA MUMTAHANAH
NPM :
10.1.031
JUDUL : STUDI KRITIK HADITS TENTANG HADITS
KEUTAMAAN ABU SUFYAN R.A DALAM KITAB SHAHIH MUSLIM NOMOR 2501
Telah
dimunaqosyahkan dalam Sidang Ujian Munaqosyah Skripsi Prodi TH Sekolah Tinggi
Agama Islam Persatuan Islam Garut, pada tanggal dan dapat diterima sebagai Kelengkapan Ujian
Akhir dalam rangka menyelesaikan Studi Strata Satu (S1) guna memperoleh gelar
Sarjana Ushuluddin (S.Ud)
Lulus
:
Tim
Penguji
Penguji
I (__________________)
Penguji
II (__________________)
Penguji
III (__________________)
Garut, 2014
Ketua
STAI Persis Garut
KH.
A. Zakaria
|
Ketua
Prodi TH
Husein
Zainal Muttaqin, Lc., M.Pd.I
|
SURAT
PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama :
Laila Mumtahanah
NIM :
10.1.031
Prodi :
Tafsir Hadis
dengan ini menyatakan bahwa skripsi yang berjudul Studi
Kritik Hadits tentang Hadits Keutamaan Abu Sufyan dalam Kitab Shahih Muslim
Nomor 2501 adalah asli hasil penelitian/karya saya sendiri, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk
sumbernya.
Garut, 2014
Saya
yang menyatakan,
Laila Mumtahanah
KATA PENGANTAR
Puji Syukur
ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat, inayah serta hidayahNya. Shalawat
beserta salam tidak lupa kita haturkan kepada Nabiyyana Habibana
Muhammad SAW, khairul anbiya wal mursalin. ‘Amma ba’du.
Dalam
penyusunan skripsi ini merupakan pekerjaan yang cukup berat sekaligus menantang
bagi penyusun. Akan tetapi berkat rahmat dan pertolongan dari Allah SWT
akhirnya skripsi ini dapat terselesaikan juga. Tentunya usaha ini jauh dari
sempurna, namun disela-sela kekurangan tersebut penulis merasa bersyukur dapat
merampungkan skripsi ini. Kepada pihak-pihak yang disebut di bawah ini, penulis
ingin menghaturkan rasa terimakasih yang mendalam atas segala partisipasi dan
jasa-jasanya yang tidak ternilai. Rasa terimakasih ini penulis haturkan kepada:
1.
KH.
A. Zakaria, selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Garut.
2.
Ust.
Azis Asmana, Lc., M.Ag selaku pembimbing dalam penulisan skripsi ini.
3.
Ust.
Husen Zainal Mutaqin, Lc. M.Pd selaku Ketua Prodi Tafsir Hadits.
4.
Ust.
Tiar Anwar Bachtiar, S.Sos. M.Hum selaku Direktur Mahad ‘Aly Baiturrahman dan
Pembimbing Asrama.
5.
Segenap
keluarga besar para dosen Tafsir Hadits yang telah memberikan ilmunya tanpa
lelah.
6.
Keluarga
penulis terutama kedua orang tua, yang telah mendukung penulis baik itu dengan
doa maupun dengan materi.
7.
Teman-teman
seangkatan, dan teman-teman se-asrama putri, yang ikut membantu dalam pembuatan
skripsi ini.
8.
Kepada
semua pihak yang terlibat dalam penulisan skripsi ini yang tidak dapat disebut
satu persatu pada kesempatan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga
bantuan, arahan, dan motifasi yang telah diberikan, muda-mudahan menjadi
catatan amal saleh di sisi Allah swt.
Penyusun menyadari sedalam-dalamnya
bahwa skripsi ini belumlah sempurna, untuk itu saran dan kritik akan senantiasa
diharapkan. Penyusun hanya bisa mengharapkan semoga apa yang telah penyusun
paparkan dalam skripsi ini ada manfaatnya.
Garut, 2014
PEDOMAN TRANSLITERASI
ARAB LATIN
Trasliterasi adalah pemindahan
cara penulisan huruf-huruf Arab ke dalam huruf latin. Pedoman transliterasi
terutama digunakan untuk penulisan: “Istilah-istilah Arab” yang belum
diindonesiakan secara baku, kata/istilah tertentu/khusus yang terbatas
penggunaannya dan “istilah-istilah teknis keilmuan” yang tidak bisa
diindonesiakan.
1.
Konsonan
Tunggal
Huruf
Arab
|
Latin
|
Huruf
Arab
|
Latin
|
أ
|
a
/ `
|
ض
|
Dh
|
ب
|
B
|
ط
|
Th
|
ت
|
T
|
ظ
|
Zh
|
ث
|
Ts
|
ع
|
‘
|
ج
|
J
|
غ
|
Gh
|
ح
|
H
|
ف
|
F
|
خ
|
Kh
|
ق
|
Q
|
د
|
D
|
ك
|
K
|
ذ
|
Dz
|
ل
|
L
|
ر
|
R
|
م
|
M
|
ز
|
Z
|
ن
|
N
|
س
|
S
|
هـ
|
H
|
ش
|
Sy
|
و
|
W
|
ص
|
Sh
|
ي
|
Y
|
2. Mâd
â
(a panjang) = Fathah + Alif (ـَا), contoh الحَافِظُ : Al-Hâfizhu
û
(u panjang) = Dhommah + waw sukûn (ـُوْ), contoh النُّوْرُ: An-Nûru
î
(i panjang) = Kasroh + ya sukûn (ـِيْ), contoh العَزِيْزُ : Al-‘Azîzu
3. Lien/Diftong
َوِ
au (Fathah + waw sukûn),
contoh الفَوِزُ : Al-Fauzu
َيِ ai (Fathah + ya sukûn), contoh البَيِعُ : Al-Bai‟u
DAFTAR
ISI
HALAMAN
PERSETUJUAN…………………………………………
HALAMAN
PENGESAHAN.............................................................
HALAMAN
PERNYATAAN…………………………………………
KATA
PENGANTAR........................................................................
TRANSLITERASI……………………………………………………..
DAFTAR
ISI…………………………………………………………...
ABSTRAK…………………………………………………..................
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah……………………………………
B. Rumusan Masalah………………………………………….
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian………………………….
D. Metode Penelitian………………………………………….
E. Tinjauan Pustaka…………………………….....................
F. Sistematika Penulisan………………………………………
BAB II LANDASAN
TEORITIK TENTANG METODOLOGI KRITIK HADITS
A. Pengertian Kritik Hadits…………………………………..
B. Pengertian Hadits………………………………................
C. Obyek, Tujuan, dan Kemungkinan Hasil Penelitian Hadits
D. Takhrij Hadits……………………………………………..
E. Langkah-langkah Penelitian Sanad Hadits……………….
F. Langkah-langkah Penelitian Matan Hadits……………….
BAB
III BIOGRAFI ABU SUFYAN R.A
A. Nama Lengkap dan Nasabnya……………………………
B. Kedudukannya………………………………………........
C. Wafatnya…………………………………………………..
D. Sifat dan Kehidupannya….……………………………….
E. Keutamaannya…………………………………………….
F. Peperangan yang Diikutinya
1. Perang Badar Kubra…….…………………………….
2. Perang Sawiq………..………………………...............
3. Perang Uhud……..……………………………………
4. Perang Hamra’ al-Asad……………………………….
5. Perang Badar Sughra………………………………….
6. Perang Ahzab atau Khandaq…………………………
7. Fath Makkah…………………………………………..
8. Perang Hunain……………………………..................
9. Perang Tha’if………………………………………….
BAB IV PEMBAHASAN TENTANG STUDI KRITIK HADITS TENTANG KEUTAMAAN
ABU SUFYAN R.A DALAM KITAB SHAHIH MUSLIM NOMOR 2501
A. Takhrij Hadits………………………………………..……
B. Kritik Sanad Hadits
1. I’tibar………………………………………………….
2. Meneliti Pribadi
Rawi………………………………..
3. Jarh dan Ta’dil………………………………………..
C. Kritik Matan Hadits
1.
Penelitian
dengan Melihat Kualitas Sanad……………..
2.
Penelitian
Lafazh yang Semakna…………………………
3.
Penelitian
Kandungan Matan
a. Mufradat Hadits……………………………………….
b. Maksud Hadits…………………………………………
c. Penjelasan Peristiwa dan Alasan Imam Muslim Meriwayatkan
Hadits ini………………………………
d. Kritikan dan Jawaban atas Hadits Keutamaan Abu Sufyan
(1) Kritikan dan Jawaban para ulama terhadap Ikrimah sebagai
penyebab Hadits Muslim yang Bertentangan dengan Fakta Sejarah……………………………..
(2) Kritikan dan Jawaban tentang kebenaran apakah Abu Sufyan
benar telah diangkat menjadi pemimpin perang atau tidak………………………………………….
(3) Perbedaan pendapat tentang Tempat, Wali, Waktu dan Mahar
pernikahan Nabi dengan Ummu Habibah………………………………..
(4) Perbedaan Pendapat Takwilan dan Takwilan yang Benar
tentang Maksud Permintaan Abu Sufyan (yang pertama) agar Nabi menikahi Ummu
Habibah…………………………………………
D. Nilai dan Kehujjahan tentang Hadits Keutamaan Abu Sufyan
BAB
V PENUTUP
A. Kesimpulan………………………………………………
B. Saran …………………………………………………….
DAFTAR
PUSTAKA.....................................................................
RIWAYAT
HIDUP
LAMPIRAN
|
ii
iii
iv
v
vii
ix
xi
1
10
10
11
12
15
17
20
22
23
25
32
38
40
41
42
47
51
54
56
60
62
63
67
72
73
78
87
88
106
112
113
116
117
117
118
126
128
133
141
142
144
145
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar